Kategori
Technology

SMS Ucapan Selamat Natal Pertama Laku Hingga Rp 1,7 Miliar, NFT Semakin Digandrungi

SMS atau Short Massage Sevice pertama berisi ucapan Selamat Natal mampu terjual seharga Rp 1,7 Miliar. Karena secara fisik SMS tidak bisa dimiliki, maka pemiliknya menjual secara digital dengan currency NFT. Pesan singkat tersebut dikirimkan melalui ponsel Vodafone oleh Neil Papworth kepada manajernya di Inggris pada tahun 1992 silam.  

Pemilik baru dari SMS ucapan natal pertama ini memang hanya mendapatkan foto dan juga code asal dari pesan tersebut. Untuk mengabadikan pesan tersebut, pihak lelang memberikan foto yang dibingkai dan berisikan code. Sebagai tanda pemilik ekslusif dari SMS tersebut, belakangan trend NFT semakin membludak digandrungi. 

Secara simple bisa dipahami bahwa NFT ini hampir sama dengan currency digital seperti Etherium, Bitcoin dan lain sebagainya. Hanya saja NFT digunakan untuk transaksi berbagai karya seni unik yang bersifat digital. Beberapa orang berpengaruh seperti pemilik Twitter juga sudah memanfaatkan NFT tersebut. Jack Dorse berhasil menjual Tweet pertama di Twitter seharga Rp 41,2 Miliar atau setara dengan US$2,9 Juta. 

Pemanfaatan NFT untuk menjual berbagai jenis karya seni ataupun barang-barang unik nampaknya semakin diminati. Karena sifat dari NFT sendiri adalah ekslusif, walaupun dibalik itu semua tidak dapat dipungikiri juga para seniman digital banyak yang mengeluh atau bahkan gulung tikar semenjak kehadiran NFT. Setiap terobosan pasti akan berdampak positif maupun negatif untuk berbagai pihak. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.