Sempat Digugat Rp 1 Triliun, Bank BRI Berikan Penjelasannya

Sempat Digugat Rp 1 Triliun, Bank BRI Berikan Penjelasannya

  • Finance
  • December 24, 2021
  • No Comment
  • 43
  • 2 minutes read

Kasus yang cukup fenomenal datang dari Bank BRI, di tahun 2019 silam Bank Rakyat Indonesia sempat tersendat kasus gugatan sejumlah Rp 1 Triliun oleh salah satu nasabahnya. Menurut penuturan nasabah yang bersangkutan sempat menerima transfer sebesar Rp 30 Miliar lebih. Sedangkan ybs tidak berniat untuk mengembalikan dana transfer yang salah sasaran tersebut. 

Pihak BRI juga sudah melakukan tindakan persuasif agar yang bersangkutan mengembalikan dana. Namun pihak penerima dana justru balik melakukan gugatan kepada BRI dengan nilai mencapai Rp 1 Triliun menggunakan UU No 3 Tahun 2001. Dari kasus yang menjerat nasabah tersebut, memang sedikit konyol jika kita perhatikan. Seharusnya ybs mampu untuk mengikuti alur yang diberikan oleh BRI. 

Lagipula secara jelas memang uang yang diterimanya tersebut bukanlah haknya. Berdasarkan mata hukum yang tertera di pasal 85 UU No.3/tahun 2011 yaitu bagi setiap orang yang berniat untuk menguasai dana yang bukan miliknya. Maka ia akan dikenakan denda sebesar Rp 5 Miliar atau hukuman penjara 5 tahun. 

Secara logika bisa ditarik benang merah bahwa kejadian tersebut bisa terjadi karena human error. Namun semakin diperkeruh oleh sikap tidak kooperatif dari ybs. Sekarang ybs sudah ditetapkan sebagai tersangka dan memang harusnya seperti demikian. Karena dari nilai gugatannya saja terlihat ybs ini ingin meraup keuntungan dari kejadiannya. 

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *